Tips untuk mencegah virus menyusupi/menginfeksi komputer anda(meminimalisir)

1.Salah satu cara untuk mencegah virus menyusupi komputer anda adalah dengan menggunakan antivirus, pilihlah antivirus baik yang sesuai dengan kebutuhan anda.
2.Selalu update antivirus anda.
3.matikan sistem autoplay pada komputer anda.
4.jangan lupa selalu scan flashdisk dan disket setiap kali flashdisk dan disket itu terhubung pada komputer anda, flahdisk dan disket merupakan hardware yang paling rawan tersusupi oleh virus.
5.Scan komputer anda secara berkala.(misalnya setiap 3 atau 4 hari sekali)
6.Waspadai terhadap aplikasi/software yang kapasitasnya kurang dari 1mb. karna biasanya sebagian besar virus itu kapasitasnya tidak sampai 1-2mb tapi pada saat ini banyak virus yang berkapasitas besar. Sebagai contoh: misalnya anda menjumpai aplikasi CorelX3 yang kapasitasnya hanya 54kb hampir bisa dipastikan itu merupakan sebuah virus karna yang asli itu kapasitasnya 600mb lebih.
7.Selalu waspada terhadap format/extension file tersebut. Sebagai contoh sebuah file musik itu formatnya .rmb.mp3.wap dll tapi jika and menemukan file musik yang formatnya .exe bisa dipastikan itu sebuah virus. Begitu juga dengan file2 yang lain.
8.Bila anda ragu terhadap sebuah file ataupun sebuah aplikasi anda bisa bisa menggunakan mesin virtual pada komputer anda yang saya sudah jelaskan pada artikel saya sebelumnya atau anda bisa menggunakan aplikasi DeepFreeze pada komputer anda.

By:m13uts family

0 komentar

BlogCatalog